Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Cara Pencegahannya

Salam sahabat Muhammad Ali Life. Dewasa ini, Gejala gangguan penyakit batu ginjal dapat disebabkan oleh faktor makanan dan kondisi kesehatan yang sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Namun selain itu batu ginjal merupakan penyakit turunan. Batu yang terbentuk dari sisa zat-zat limbah didalam darah dan seiring waktu akan mengendap dan mengkristal didalam ginjal.

Untuk mengetahui hal ini kamu perlu mengetahui gejala awalnya bagaimana bisa terjadi batu ginjal didalam tubuh. Simak beberapa poin poin penting yang akan saya ulas dari berbagai sumber :

Ciri Awal Sakit Ginjal

Penyakit ginjal akan bertambah semakin kronis bila di biarkan saja tanpa melakukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya, karena fungsi dari ginjal akan semakin terganggu. Maka dari itu pencegahan dini dengan mengetahui  Gejala gangguan penyakit batu ginjal sejak dini akan sangat membantu untuk terhindar dari penyakit batu ginjal. Gejala apapun yang terjadi pada tubuh kita jangan dianggap remeh dan sepele, biasanya gejala gangguan Penyakit batu ginjal ini timbul dari gaya hidup yang kurang sehat sehingga kita wajib memperbaiki gaya hidup sehat yang kita jalani. Penyakit ginjal pada umumnya akan terlihat ketika penyakit sang penderita atau orang yang terkena penyakit batu ginjal  sudah memasuki fase yang parah.

Jika kita mengetahui sejak dini tentang penyakit batu ginjal yang menyerang tubuh  kemungkinan penyembuhan dapat dilakukan lebih awal. Pada penderita diabetes ternyata dari statistik hasil menunjukkan bahwa dari sekitar 40% dari mereka mengmbang penyakit ginjal kronis. Orang yang menderita penyakit batu ginjal memiliki ciri seperti dibawah ini.

Seringnya buang air kecil yang disertai nyeri hingga buang air kecil dengan jumlah yang sedikit.Sakit di bagian punggung samping, bawah tulang rusuk,air seni  berwarna keruh atau berdarah,mual, menggigil, dan demam.

Gejala diatas akan muncul jika kondisi batu ginjal relatif sudah besar sehingga susah di keluarkan melalui saluran yang menyambungkan ginjal dengan kandung kemih atau ureter. Tapi kalau batu ginjal masih kecil, biasanya dokter akan menyarankan dengan pengobatan oral atau terapi sehingga batu kristal tersebut bisa dikeluarkan melalui ureter. Jika adanya kebenaran seseorang positif atau tidak menderita batu ginjal, dokter akan melakukan beberapa rangkaian diagnosa batu ginjal sebagai berikut :
  • Melakukan pengecekan gejala batu ginjal pada si  penderita serta riwayat keluarga yang berpenyakit sama dengan si penderita.
  • Cek pasien mengenai pola hidupnya mulai dari makanan dan minuman yang di konsumsi.
  • Melakukan pemeriksaan air seni, darah, scan USG, Rontgen, CT scan dan intraveneos Urogram atau IVU.

Secara yang paling umum pengobatan Batu ginjal bisa melalui dua metode yaitu, secara alami dan medis. Jika setelah melakukan pemeriksaan dan hasilnya kondisi batu ginjal masih berukuran kecil dan tidak parah, pengobatan secara alami bisa dilakukan.Namun tetap saja dokter tidak menjamin kesembuhan si penderita batu ginjal.

Lain halnya dengan kondisi batu ginjal yang diderita pasien yang sudah parah, berukuran besar dan menyumbat saluran kemih, pastiny dokter akan melakukan penanganan dengan prosedur khusus seperti energi laser, ultrasound, atau operasi.

Dengan cara pengobatan alami,pasien diharuskan melakukan perubahan gaya hidup dan pola hidup yang lebih sehat.Mulai dari memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi dan melakukan olahraga teratur.

 Ditinjau oleh :Muhammad Ali
Sumber : Google dan Book

Baca Juga :

Comments

Name

Email *

Message *