MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh


MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN TUBUH


    Salam sahabat Muhammad Ali Life .Dewasa ini, siapa yang tidak mengenal buah jeruk nipis yang mungil ini, karena bentuknya yang mungil dan rasanya yang khas. Buah yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia memang terkenal rasanya yang asam. Namun di balik kemungilannya tersimpan banyak manfaat dan tercatat sebanyak 26 khasiat di dalam buah yang asam ini dan salah satu khasiatnya yaitu berhubungan dengan kulit wajah.

Lalu mengapa jeruk nipis berkhasiat untuk kulit wajah?

    Baiklah pada dasarnya jeruk nipis banyak mengandung vitamin C serta antioksidan yang tinggi dan juga berbagai asam buah yang memiliki kandungan gula alami yang sangat bermanfaat bagi kulit wajah.

Berikut  Manfaat Jeruk Nipis untuk kecantikan:

- Membantu dalam pengangkatan sel kulit mati

Kandungan AHA ( alpha hydroxy acids) dalam buah jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ad di wajah kita. Hal ini telah terbukti dengan adanya berbagai macam penelitian. Kulit yang bersih dapat membuat pori-pori bernafas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit. Untuk hasil maksimal gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas.

- Membantu membersihkan komedo

Komedo adalah masalah yang sering dan umum terjadi bagi banyak orang. Bahkan banyak orang merasa kesulitan dalam membersihkan komedo karena selalu ada, ada dan ada lagi. Padahal dengan jeruk nipis ini kita dapat membersihkan hingga menghilangkan komedo dari kulit wajah kita. Resep tradisional yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi ini adalah dengan menggosokkan air jeruk nipis keseluruhan wajah yang banyak terdapat komedo. Lalu ketika waktu malam hingga ke pagi segera cuci dengan air, Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Membuat wajah menjadi lebih sehat dan bersinar.Dengan terangatnya  komedo dan sel kulit mati, maka kulit akan bersih dan akan terlihat lebih bersinar. Pengangkatan sel - sel kulit mati membuat tumbuhnya sel-sel yang baru dan secara otomatis akan membuat wajah kita fresh.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan :

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene linalool juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine. Rhoifolin dan rhining kandungan buahnya yang masa adalah syneprine dan methyltyramine selain asam sitrat, kalsium, fosfor,besi dan vitamin A,B1 dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

1. Ambien

Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis di cuci bersih, lalu di rebus dengan air selama 1/2 jam, Lalu di saring. Di minum selama 3 kali sehari.

2. Amandal

    3 kulit jeruk nipis di cuci, di potong potong lalu di rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut di pakai untuk kumur - kumur. Lakukan selama 3-4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan

Dua jeruk nipis di cuci,di peras lalu di beri gula batu secukupnya dan di tambah air panas. Aduk hangat hangat, minum sekaligus sekali sehari.

4. Batuk

Satu jeruk nipis di cuci, di peras,di campur dengan satu sendok makan madu ditambah garam sedikit. Aduk hingga merata lalu di saring. Diminum 2- 3 kali sehari. Atau perasaan jeruk nipis di tambah gula batu lalu diaduk hingga rata, di minum 1 kali sehari hingga sembuh.

5. Batuk di sertai influenza

Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 CC air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk merata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

6. Bau badan

Cara pertama :
Potong jeruk nipis yang besar menjadi dua bagian, olesi bagian yang diiris dengan kapur sirih tipis tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu di bilas lakukan Riau pagi dan sore.
Cara kedua:
Beberapa helai ( 10 ) daun muda jeruk nipis di tumbuk sampai halus, di lumatkan, potong kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.

7. Batu ginjal

Dua buah perasan jeruk nipis kampung di encerkan dengan dengan 2 gelas air hangat, minum setiap hari selama 10 hari.

8. Menurunkan Berat Badan

Teh Jeruk Nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak sehingga akan mampu menghilangkan lemak di dalam tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL di dalam tubuh.

Caranya :
  1. Siapkan sekantung teh celup atau tiga sendok teh.
  2.  1 bungkus jeruk nipis
  3. Segelas air panas
  4. Sedu teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
  5. Konsumsi lah Secara rutin
9. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara kerjanya sama dengan poin 2, yakni jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Oleh karena itu, bagi anda yang mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet agar berat badan terjaga. Minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari supaya berat badan ideal anda terjaga.

10. Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Anti bakteri pada jeruk nipis akan membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak 

Caranya :
  1. Peras 2 buah jeruk nipis
  2. Campurkan dengan segelas air hangat
  3. Lalu gunakan untuk berkumur
11.Memutihkan Gigi

Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain jeruk nipis juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Caranya :
  1. Peras 1 buah jeruk nipis
  2. Masukkan dalam dalam segalas air hangat
  3. Gunakan untuk berkumur 3  kali sehari agar bakteri benar benar hilang.
Atau 

  1. Siapkan 1 SDM  air perasan jeruk nipis
  2. Sejumput garam
  3.  Campurkan hingga berbentuk pasta
  4. Oleskan pada gigi

12. Meredakan Radang Tenggorokan

Ketika sedang mengalami radang tenggorokan tentu rasanya tidak enak karena anda akan kesusahan menelan makanan.

Caranya :
  1. Peras 1 buah jeruk nipis
  2. Tambahkan 3 SDM madu
  3. Minum 2 kali sehari, sekali minum 2 SDM 

13. Menghilangkan Bau badan atau ketiak 

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya pada jeruk nipis adalah asam sitrat, kalium, kalsium, besi, tembaga, macronutrient, serat, dan kalori.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika anda mengaplikasikan deodorant pada ketiak anda. Gunakan setelah mandi sebagai pengganti deodorant.