MENJAGA KESEHATAN MATA SAAT DIDEPAN KOMPUTER

Menjaga kesehatan mata saat di depan komputer dan gadget dapat menggangu kesehatan mata jika dilakukan melebihi batas normal.


Salam sahabat Muhammad Ali Life. Dewasa ini, menjaga kesehatan mata bagi anda yang sering menghabiskan waktu lebih dari 5 jam sehari untuk mengoperasikan komputer atau laptop sangat lah penting. Apalagi jika pekerjaan anda di haruskan untuk berada di depan layar komputer.
www.muhammadalii.com

    Saat ini gaya hidup modern telah berubah. Aktivitas di luar ruangan semakin sedikit dilakukan. Bersama dengan itu muncul kebiasaan baru, yakni beraktivitas di dalam ruangan dengan komputer dan gadget.
    Tidak ada salahnya melakukan kegiatan tersebut, namun jika berlebihan kesehatan mata rawan  terganggu. Ingat layar gawai memancarkan sinar biru yang mengancam mata. Selain itu berada didalam ruangan sering membuat mata harus bekerja ekstra karena hanya menerima cahaya dalam intensitas rendah.
    Bukan hal aneh lagi kalau gangguan kesehatan mata cenderung meningkat. Prevent Blindness American mencatat terdapat kenaikan gangguan penderita gangguan mata sebesar 89 % dalam 20 tahun terakhir. Sebagian besar penderitanya adalah golongan usia diatas 40 tahun keatas.
www.muhammadalii.com
    Tentu saja anda tidak mau mengalami gangguan penglihatan bseperti itu. Ada sejumlah cara yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Langkah - Langkah tersebut mudah di terapkan ke siapa saja.

1.Periksa Kesehatan Mata Secara Teratur 
     Untuk menjaga kesehatan mata, pemeriksaan secara teratur akan sangat membantu tidak perlu menunggu ada gangguan atau keluhan. Jika ingin memeriksakan ke dokter.
    Bahkan mata seharusnya wajib di periksa sejak dari bayi. Delapan hari sejak bayi lahir, kesehatan mata sudah harus di cek. Selanjutnya pemeriksaan mata bisa di lakukan kembali setelah umur 4 bulan, 8 bulan serta 24 bulan. Setelah itu mata hendaknya di periksa secara berkala setiap 12 bulan sekali. Bahkan ketika sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, pemeriksaan tertentu seperti presbyopia wajib di lakukan.

2. Lakukanlah Kebiasaan Yang Baik untuk Mata

    Supaya mata terus sehat, anda di sarankan untuk melakukan berjumlah kebiasaan yang baik untuk penglihatan. Hal-hal tersebut tidak rumit Bahkan praktis untuk di lakukan.
    Sebagai contoh adalah kebiasaan memakai pelindung mata saat di luar ruangan. Memakai topi atau menggunakan kaca mata hitam bisa menjadi opsi.
    Bisa pula membatasi diri dalam penggunaan komputer dan gadget secara terus-menerus dalam jangka panjang. Usahakan dalam 20 menit mata di alihkan ke objek yang lain.
    Selain itu, sering juga mengkonsumsi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Carilah santapan yang mengandung omega 3, Lutein,zinc, Vitamin C, Vitamin E seperti sayuran,ikan salmon, ikan tuna, telur, kacang kacangan serta jeruk.

3. Gunakan Alat Bantu Penglihatan Jika Diperlukan

    Gangguan penglihatan bisa dialami oleh siapapun, tanpa pandang bulu. Kalau sudah merasa mata terganggu, tidak ada salahnya menggunakan alat bantu seperti kaca mata.
    Hal ini sangat penting. sebab, gangguan mata bisa menjadi parah kalau tidak diatasi dengan alat bantu seperti lensa dengan resep.
    Untuk bisa mendapatkan datanglah ke dokter mata. Mereka yang bisa meresepkan lensa yang di perlukan. Lalu lakukan pemeriksaan secara rutin.pasalnya sering sekali gangguan mata selalu berubah-rubah.

   Inilah sejumlah cara untuk menjaga kesehatan mata yang dapat di lakukan oleh siapa saja. Mempraktikkan akan membuat mata berfungsi maksimal.
Sekian terimakasih, silahkan di share dan komen jika artikel ini berguna dan bermanfaat ...