Akibat Tempat Tinggal Jarang Dibersihkan Terlalu Lama Dapat Menimbulkan Beberapa Gangguan


muhammadalii.com



   Salam sahabat Muhammad Ali Life. Dewasa ini, Tempat tinggal merupakan hal yang paling umum yang di miliki oleh semua orang tidak peduli siapa atau apa jenis kelaminnya, semua orang sebaiknya tidak menganggap remeh bersih-bersih rumah. Kebersihan dan kerapian bukan hanya membuat rumah lebih menyenangkan untuk dipandang tapi juga baik untuk kesehatan fisik dan mental. Suasana hati yang  sedang tidak menentu akan sedikit membaik bila kita larut dalam aktivitas bersih-bersih. Membersihkan kamar mandi misalnya, bisa membantu pikiran menjadi lebih jernih. Anda juga akan terhindar dari berbagai gangguan bila membersihkan rumah secara teratur.

Akibat tempat tinggal jarang dibersihkan dapat menimbulkan gangguan


1. Alergi terhadap bulu hewan

Anda suka menghabiskan waktu istirahat dengan bermain bersama si meong ? Jangan lupa membersihkan sofa, karpet,lantai, dan tempat tidur dari bulu hewan peliharaan anda. Ada beberapa orang mengidap alergi bulu hewan dan tak jarang  juga mereka tidak menyadarinya. Alergi pada bulu hewan bisa memicu gangguan kesehatan lain, jadi waspadalah !...

2. Keracunan Makanan

Kulkas adalah perabot elektronik di dapur yang wajib dibersihkan dan di tata setiap hari. Hindari menyimpan makanan terlalu lama di dalam kulkas. Saat anda sedang tidak ada di rumah, anak-anak atau anggota keluarga yang lain mungkin mengkonsumsi makanan yang sudah lama menghuni kulkas. Akibatnya mereka jatuh sakit karena mengkonsumsinya dan mengakibatkan keracunan makanan.

3. Bronkitis

Bronkitis memang bisa disembuhkan, tapi bisa juga mengakibatkan komplikasi bila di biarkan. Bila si kecil atau anda sering menderita penyakit ini, coba periksa jendela anda. Tirai yang telah lama tidak di cuci atau Kerai jendela yang telah berdebu bisa menjdam penyebabnya. Debu yang menempel di tirai atau kerai akan menyebar keseluruhan ruangan ketika angin bertiup dari jendela. Akibatnya udara dalam ruangan pun dapat mengandung bakteri.

4. Flu

Kita sering kali menyalahkan cuaca sebagai penyebab flu. Padahal, flu disebabkan oleh virus dan penyebarannya bisa melalui udara atau barang yang terkontaminasi virus penyebab flu. Oleh karena itu, bila seorang anggota keluarga ada yang terkena flu, anggota yang lainnya juga akan ikut ketularan. Jauhkan keluarga anda dari penyakit ini dengan cara membersihkan benda-benda yang biasa di sentuh oleh anggota keluarga ketika sampai di rumah yaitu pegangan pintu.


5. Sinusitis

Sama seperti flu, sinusitis sebenarnya tidak berbahaya. Namun bisa berubah menjadi penyakit kronis bernama meningitis bila tak segera ditangani. Sinusitis biasanya timbul setelah seseorang menderita flu, atau bisa juga terpapar debu. Selain perabotan rumah dan jendela, jangan lupa bersihkan plafon anda dari debu. Debu di plafon kamar tidur bisa masuk ke saluran pernapasan saat anda sedang tertidur. Akibatnya anda akan bersin-bersin ketika bangun tidur.

6. Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit saluran pernapasan akut yang bisa menyebabkan kematian. Pneumonia bisa diderita oleh siapa saja,mulai dari anak-anak hingga lanjur  usia. Penyebab penyakit ini sepertinya sepele, yaitu infeksi pada saluran pernafasan ( batuk dan pilek). Namun jika tubuh sudah tidak fit, kurang gizi, dan lingkungan sekitar tidak sehat, infeksi saluran pernapasan bisa menimbulkan peradangan paru-paru yang beresiko Kematian. Knop dan kepala shower bisa menjadi penyebab bersarangnya virus penyebab batuk pilek, sehingga harus di bersihkan secara teratur.

7. Diare

Di dapur kita menyiapkan makanan untuk konsumsi sehari-hari. Bau Bau amis daging sapi atau ikan mentah akan menggoda lalat hijau masuk kedapur dan hinggap dimakanan atau peralatan makan. Kita tidak tahu silalat sudah hinggap dimana saja, dan kuman yang menempel di kakinya bisa masuk ketubuh saat kita makan makanan atau menggunakan peralatan makan yang telah di hinggapi lalat. Cegah kunjungan si lalat dengan segera membersihkan sisa bekas makanan mentah tadi, terutama daging hewan.


8. Tifus

Tifus adalah penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini biasanya bersarang di daging hewan atau telur yang belum di olah. Namun tidak menutup kemungkinan bakteri salmonella mengkontaminasi bahan makanan yang lain saat di cuci di bak cuci piring.Meski terpapar air setiap hari, bukan jaminan jika bak cuci piring bersih dari bakteri. Gosok dan sikat bak cuci piring setiap kali anda mencuci piring terutama setelah menyelesaikan mencuci daging mentah di bak cuci piring.


9. Alergi debu

Kita sering mengira bersin-bersin  dan hidung berlendir yang menjadi gejala alergi debu terjadi karena perabotan di rumah sangat berdebu. Faktanya, justru membersihkan rumah secara besar-besaran justru menjadi pemicunya. Debu yang berterbangan dari segala penjuru rumah menyebabkan udara didalam rumah penuh dengan debu, lalu terhirup oleh saluran pernapasan anda. Membersihkan rumah secara teratur setiap beberapa hari sekali itu lebih baik karena saluran pernapasan kita tak akan terganggu debu berlebihan.

10. Maleria

Malaria disebabkan oleh nyamuk anopheles dan bisa berujung kematian. Nyamuk anopheles berkembang biak di air yang jernih yang tergenang dan bersembunyi di balik barang-barang yang tak terpakai yang di biarkan teronggok di sudut rumah. Selain membersihkan bak mandi, pot-pot tanaman air,dan akuarium secara teratur jangan biarkan barang-barang bekas atau rusak memenuhi ruangan. Segera singkirkan ketempat pembangunan, jual ke tukang loak, atau berikan kepada yang membutuhkan.

11. Mata Gatal

Bukan hanya pada keyboard dan mouse yang harus dibersihkan. Layar notebook atau laptop juga perlu di bersihkan secara teratur menggunakan kain halus dan bahan pembersih khusus untuk perangkat elektronik. Debu yang menempel pada layar notebook atau PC bisa membuat mata anda rentan gatal-gatal, terutama bila anda sering bekerja di depan layar komputer.

12. Demam berdarah

Sama seperti nyamuk anopheles, nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah juga gemar bersarang di genangan air jernih. Menguras bak mandi secara teratur akan menjauhkan telur dan jentik-jentik  nyamuk yang bersarang di air. Jangan tertipu air bak mandi yang terlihat jernih meskipun sudah berminggu-minggu sudah lama tidak di kuras. Seperti hantu, penyakit berbahaya ini tidak kasat mata.

13. Belekan

Meski tidak berbahaya, belekan bisa menggangu aktivitas karena mata terus mengeluarkan kotoran. Belekan umumnya disebabkan oleh virus. Mata yang sering digosok karena gatal juga beresiko mengalami belekan. Agar terhindar dari penyakit ini, hindarilah pemicunya. Debu adalah pemicu mata Gatal, oleh karena itu keberadaannya harus diminimalisir. Debu ceiling fan seperti contoh bisa mengundang penyakit, bukan hanya belekan.

14. Kulit gatal

Kulit gatal-gatal bukan karena gigitan serangga, alergi makanan, atau alergi bulu hewan. Permukaan sofa yang sudah lama tak dibersihkan, seprai yang berbulan-bulan yang sudah lama tak di ganti atau karpet yang sudah lama tak di cuci menjadi sarang tungau dan bakteri penyebab gatal-gatal.

15. Bayi sulit tidur dimalam hari

Beberapa orang beranggapan bayi sulit tidur dimalam hari merupakan hal yang biasa. Namun jika di biarkan terus menerus, energi orang tua akan terkuras dan mereka akan mengantuk berat keesokan harinya. Bila bayi sering sulit tidur di saat suhu tubuhnya normal atau tidak sedang demam, ada kemungkinan dia mengalami nyeri perut. Pada bayi yang hanya bisa mengkonsumsi ASI, penyebabnya tentu bukan pada makanan. Debu pada mainan, selimut,atau boks bayi bisa berpindah ke tubuhnya saat tangannya menyentuh benda-benda itu kemudian ia memasukkan tangannya ke mulutnya.

Sumber : Google

Baca juga :





Akibat Tempat Tinggal Jarang Dibersihkan dan Terlalu Lama Dapat Menimbulkan Beberapa Gangguan