Bahaya Penggunaan Gadget Dan Penyakit Yang Disebabkannya

     
BAHAYA PENGGUNAAN  GADGET

Bahaya Penggunaan  Gadget Dan Penyakit Yang Disebabkannya

 Salam sahabat Muhammad Ali Life. Dewasa ini, handphone merupakan benda yang selalu kita bawa kemanapun kita pergi.Hal ini membuat handphone bersinggungan seperti dengan kotoran dan debu serta polusi udara. Kotoran - kotoran tersebut kemudian mengendap di keypad maupun pinggiran ponsel. Sebuah fakta menyebutkan bahwa setiap inchi ponsel mengandung sekitar 25.000 kuman, ini membuktikan bahwa handphone merupakan barang terkotor yang kita sentuh setiap hari. Bahkan duduk di toilet lebih bersih dari handphone.

    Menurut Dr.Charles Gerba, profesor microbiologi di universitas arizona, hal ini sebenarnya tidak aneh. " Tidak seorangpun yang membersihkan atau memberikan disinfektan pada handphone mereka , sehingga tidak mengherankan jika kuman dan bakteri dapat tumbuh subur", kata Gerba. Berbagai kuman yang menghadap didalam handphone terdapat beragam jenis kuman dan bakteri, mulai dari bakteri E- Coli, Influenza,MRSA, serta kuman yang dapat menyebabkan ruam dan infeksi pada kulit.

        BACA JUGA:

  Selain itu, kondisi handphone yang hangat juga merupakan tempat yang ideal bagi perkembangan kuman dan bakteri. Sebuah penelitian terhadap 200 lebih handphone yang di publikasikan dalam Annals of clinical Microbiology and Antimikrobials menyebutkan bahwa 94.5 persen ponsel terkontaminasi oleh sejenis bakteri dan kuman yang tidak mempan dilawan dengan berbagai antibiotik. Penelitian ini juga menunjukkan adanya sejumlah kuman yang berpindah dari tangan ke ponsel, dan begitu juga sebaliknya. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa 30% pada ponsel akan berakhir di tangan pemakainya.

  Kebanyakan penyebaran bakteri penyakit berpindah dari orang yang satu ke orang yang lain melalui sentuhan. Saat bakteri sudah menempel di tangan hanya di perlukan sentuhan ke mata atau hidung untuk bakteri dapat masuk ke tubuh.

 Untuk meminimalisir penyebaran kuman atau bakteri penyebab penyakit dari ponsel ke tubuh kita, lakukan beberapa hal berikut ini :
  • Selalu melakukan cuci tangan dengan hand sanitizer jika tidak ada air dan sabun, terutama setelah memegang ponsel dan hendak melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkankan kebersihan, seperti makan dan membersihkan tubuh.
  • Seringlah membersihkan ponsel dengan cairan desinfektan untuk membunuh kuman dan bakteri yang tidak kasat mata dan menggunakan ponsel dalam kondisi yang sebersih mungkin.
  • Tidak hanya bagian luar nya, bongkar juga ponsel untuk membersihkan bagian dalamnya.
  • Hindari menempelkan ponsel kebagian wajah.

BAHAYA PENGGUNAAN  GADGET DAPAT MENIMBULKAN PENYAKIT  YANG DI SEBABKAN OLEH KUMAN SEPERTI PENYAKIT  JANTUNG,penyakit kuning, penyakit  hati,penyakit  gula,penyakit ginjal,penyakit flu,  penyakit maagdan  lain  sebagainya.