Bahaya Penggunaan Softlens Jika Tidak sesuai Aturannya

Salam sahabat Muhammad Ali Life. Dewasa ini, sejak lensa kontak ditemukan dan jutaan orang telah menggunakannya kebanyakan dari mereka masih sering salah menginterpretasikan lensa kontak tersebut. Bahkan tidak jarang kebiasaan yang mungkin sangat sering dilakukan dan kemudian berbahaya bagi kesehatan mata mereka.

Softlens adalah alat medis yang sangat aman, tentunya jika sesuai dengan aturan pakai dan kebersihan softlens yang sangat dijaga. Jika penggunaan softlens tidak sesuai dengan aturan pakai, hal tersebut dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan mata. Iritasi, mata merah, kering,alergi, pembengkakan pada mata adalah hal yang bisa terjadi apabila pengguna softlens tidak memakai dan merawatnya secara bertanggung jawab.

Bahaya penggunaan soflens jika tidak sesuai dengan Aturannya



Hal yang tidak boleh dilakukan saat memakai lensa kontak / softlens yaitu :


  1. Menyentuh softlens anda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Melakukan ini berarti anda membiarkan bakteri tinggal di permukaan softlens dan bakteri berkembang biak dengan sangat cepat. Oleh karena itu selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memakai softlens. Sabun antiseptik adalah yang paling baik. Setelah mencuci tangan keringkan tangan dengan menggunakan kain yang bersih dan tidak berserat.
    Bahaya penggunaan soflens jika tidak sesuai dengan Aturannya
  2. Menggunakan cairan solution softlens yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Cairan solution softlens bisa membersihkan softlens dengan cukup efektif. Namun setelah dipakai untuk membersihkan softlens, cairan solution tidak lagi bersih dan tidak layak di pakai kedua kalinya. Oleh karena itu selalu ganti cairan solution softlens anda, jangan pernah memakai ulang. Dan juga hanya gunakan cairan solution softlens, jangan pernah menggunakan cairan seperti air keran, air mineral,atau tetes yang bukan diperuntukkan untuk softlens. Cairan ini tidak steril dan tidak cocok untuk digunakan untuk lensa kontak atau softlens.

    Bahaya penggunaan soflens jika tidak sesuai dengan Aturannya
  3. Menggunakan softlens terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan sirkulasi oksigen ke mata menurun, dan berujung pada infeksi dan iritasi mata. Waktu yang baik untuk penggunaan softlens adalah tidak lebih dari 8 jam, seharusnya penggunaan softlens memiliki jadwal secara teratur untuk melepaskan lensa kontaknya, dan membiarkan mata beristirahat.
  4. Tidur tanpa melepaskan softlens.kenapa softlens tidak boleh dipakai pada saat tidur ? Hal ini terkait dengan sirkulasi oksigen di poin sebelumnya.Tidur menggunakan softlens bisa membuat mata kekurangan pasokan oksigen dan memberikan dampak yang sangat sangat buruk bagi kesehatan mata.
    Bahaya penggunaan soflens jika tidak sesuai dengan Aturannya
  5. Tidak membersihkan softlens anda dengan baik. Softlens sebaiknya direndam didalam cairan softlens setidaknya selama 6 jam, dan biasakanlah mencuci softlens dengan menggosok lensa dengan lembut. Caranya, letakkan softlens di telapak tangan dan siram dengan cairan solution. Secara perlahan, gosoklah softlens diantara jari dan telapak tangan anda, lakukan dengan lembut dan perlahan di kedua sisi softlens.
  6. Meletakkan lens case  ditempat lembab dan kotor serta membiarkan lens case dalam keadaan basah. Bakteri akan cepat berkembang biak di tempat yang lembab, ini akan sangat berbahaya dan akan dapat mengkontaminasi soflens anda. Selalu mengeringkan lens case setelah dipakai dan membiarkannya terbuka dan terbalik agar bisa kering dengan baik. Selain itu letakkan lens case dan solution ditempat yang kering dan bersih.
  7. Tidak merawat Lens case. Bahkan dengan pengeringan yang teratur,lens case tetap meski di dicuci. Gunakanlah cairan khusus soflens untuk mencuci lens case dan keringkan dengan baik. Lens case sebaiknya di ganti maksimal 3 bulan sekali.
  8. Memakai softlens yang terkena alat make up.ketika anda menggunakan enyeliner, dan terkena sedikit di soflens anda sebaiknya lepaskan soflens anda, bersihkan  dan redam di cairan softlens.
  9. Tetap menggunakan softlens ketika mata sedang merah . Itu merupakan sinyal dari mata anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Entah karena alasan iritasi atau ketidak cocokan yang disebabkan oleh softlens, atau karena kondisi tubuh, segera lepaskan softlens anda dan biarkan mata anda beristirahat. Bila perlu segeralah melakukan check up ke dokter spesialis mata.
  10. Berenang dan sauna dengan soflens. Berenang di kolam renang, bak mandi air panas dan sauna menggunakan softlens adalah keputusan yang sangat buruk. Didalam kolam renang dan bak mandi air panas sangat banyak bakteri berbahaya yang mengancam kesehatan mata anda apabila bakteri tersebut berkembang biak di soflens anda. Sauna juga merupakan keputusan yang buruk  karena bahan material soflens yang tidak dirancang untuk suhu sepanas itu.
  11. Meletakkan soflens dalam mulut anda. Memang ini terdengar aneh, tetapi ada orang yang merasa membersihkan soflens dengan air liur adalah solusi yang baik untuk menjatuhkan soflens. Padahal ini sangat salah, karena air liur bukanlah membersihkan soflens, tetapi justru banyak sekali mengandung bakteri yang berbahaya untuk mata anda.
  12. Mengucek mata anda dengan keras. Menggunakan softlens atau tidak, mengucek mata dapat merusak kornea mata anda. Jika mata anda terasa gatal saat memakai softlens, segera lepaskan soflens anda. Jika anda sedang tidak memakai softlens dan merasa gatal, segeralah menggunakan tetes mata atau mondulkons ke dokter karena mengucek mata tidak baik untuk kornea mata.
  13. Menggunakan lensa kontak milik orang lain.sekalipun kamu memiliki ukuran minus atau silindris yang sama dengan orang lain, bukan berarti  anda dapat bertukar lensa kontak resiko yang dapat ditimbulkan adalah penularan virus, infeksi kornea, serta mata merah.

Aturan memakai softlens / lensa kontak yaitu antara lain :

  1. Pastikan tangan bersih sebelum pakai soflens. Aturan ini semestinya harus diterapkan kepada semua pengguna lensa kontak. Pasalnya, langsung memegang dan memakai lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat beresiko memindahkan patogen penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens, lalu berakhir di mata anda. Kuncinya,biasakan untuk bisa selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih. Kemudian laplah  dandan kering seluruh bagian tangan sebelum anda menggunakan lensa kontak.
  2. Lepaskan softlens sebelum tidur. kebiasaan tidur memakai lensa kontak bisa merusak produksi air mata alami yang seharusnya melumasi seluruh bagian mata. Sering lupa melepaskan softlens saat hendak mau tidur dapat membahayakan kornea mata uyan merupakan lapisan pelindung paling luar. Alasannya karena jumlah oksigen masuk ke mata selama tidur tidak sebanyak dibandingkan ketika mata terbuka.
  3. Gunakanlah softlens sekali pakai. Ada dua jenis softlens yang beredar di pasaran, yakni yang bisa dipakai selama beberapa bulan dan lensa kontak sekali pakai. Alangkah baiknya anda memilih softlens yang hanya dipakai sekali pakai. Mengapa ? Karena soflens yang telah dipakai dalam waktu lama terdapat banyak kotoran yang menumpuk didalamnya, sehingga menyulitkan air mata menyebar ke seluruh area mata secara merata.

    Bahaya penggunaan soflens jika tidak sesuai dengan Aturannya
  4. Bersihkan wadah softlens setiap kali di gunakan. Bukan hanya lensa kontak saja yang harus dijaga kebersihannya, tetapi juga wadah tempat menyimpan lensa kontak. Lakukan secara rutin setiap kali anda menggunakan softlens,atau bahkan setiap hari demi menjamin kebersihannya. Aturannya, setelah softlens dipakai ke mata, maka wadah softlens harus dibilas menggunakan  larutan atau cairan pembersih khusus untuk soflens. Kemudian diamkanlah hingga kering atau lap dengan menggunakan tisu bersih. Semua langkah ini dapat memperkecil kemungkinan  terjadinya timbul peradangan dan infeksi yang menyebab masalah pada mata.
  5. Gunakan tetes mata sesering mungkin. Tetes mata adalah salah satu benda yang harus  wajib dimiliki oleh setiap orang dengan mata kering. Produksi air mata yang tidak mampu untuk melumasi mata dengan baik, bisa lebih terbantu dengan adanya air mata buatan dari obat tetes mata. Air mata memiliki peranan penting sebagai pelindung mata dari kuman sekaligus menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Itu sebabnya, jumlah air mata yang tidak mencukupi pada penderita mata kering tidak hanya menciptakan rasa tidak nyaman, melainkan akan meningkatkan resiko infeksi.
  6. Hindari memakai lensa kontak dalam jangka waktu yang lama. Lensa kontak memang tidak didesain untuk digunakan dalam waktu yang lama, apalagi dalam waktu seharian. Idealny mata normal bisa menggunakan softlens paling lama 10 jam dalam sehari. Menurut dokter spesialis mata sebaiknya beri ruang untuk mata agar dapat bernafas lega selama beberapa jam sehari. Artinya sisihkan sebagian waktu anda dalam sehari tanpa menggunakan lensa kontak. Tujuannya untuk membiarkan mata agar mendapat oksigen serta nutrisi yang cukup dari air yang di produksi secara alami oleh mata, tanpa harus terhalang oleh lensa kontak.
  7. Rutin memeriksakan kedokter mata. Patuhi jadwal periksa ke dokter mata, sekali pun gejala mata anda mulai membaik. Terutama bagi anda pengguna soflens/lensa kontak, biasanya dokter akan mengecek keseluruhan mata sekaligus meresepkan obat tetes mata baru sesuai dengan kondisi mata. Anda juga bisa berkonsultasi seputar keluhan yang mungkin pernah dialami selama memkai softlens / lensa kontak.

Sumber : Google
Ditinjau oleh : Muhammad Ali

Baca juga :

Bahaya penggunaan soflens jika tidak sesuai dengan Aturannya