Dibalik kandungan Buah Semangka Menyimpan Sejuta Manfaat Yang Baik


   Salam sahabat Muhammad Ali Life. Dewasa ini, sering kali orang membuang bagian buah atau sayuran yang dianggapnya tidak enak atau tidak berguna. Salah satunya adalah daging berwarna putih pada semangka. Bagian ini sering berakhir di tempat sampah daripada di konsumsi manusia. Bagian yang berada di kulit  hijau dan daging merah buah semangka ini memang tawar dan sedikit keras, tidaklah seenak dagingnya yang manis dan berair. Padahal bagian ini sangat bisa untuk dikonsumsi.


Nah berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita seharusnya tidak lagi membuang bagian berwarna putih ini pada semangka.

1. Melawan Radikal bebas

Menurut the journal of science of food and agriculture, didalam kulit daging  putih semangka si temukan Citrulline yang berperan mengusir radikal bebas senyawa ini juga bisa dikonvaersi menjadi asam amino yang melindungi jantung dan sistem kekebalan tubuh sehingga ampuh menjaga tubuh dari  racun berbahaya.

2. Meningkatkan libido

Daging putih pada semangka ternyata bisa membantu pria dengan disfungsi ereksi ringan sampai sedang. Penelitian yang berasal dari  Texas A&M's fruit and vegetable Improvement center telah mencatat jika Citrulline dalam kulit semangka juga dapat membuat pembuluh darah rileks sehingga baik membantu ereksi. Karena kemampuannya ini, daging kulit semangka Putih dijuluki viagra alami.

3. Mengontrol tekanan darah 


Mengkonsumsi daging  putih semangka bisa jadi jawaban bagi kita yang ingin mengontrol tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semangka dapat membantu mengontrol tekanan darah dan bersifat diuretik ( meningkatkan produksi urine) sehingga cocok untuk orang dengan tekanan darah tinggi. 

4. Menurunkan berat badan


Penelitian menunjukkan bahwa jika mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa Citrulline bisa menurunkan 30% berat badan. Itu karena senyawa ini dapat menjadikan pembuluh darah dan otot menjadi sangat rileks sehingga orang yang berolahraga akan lebih sedikit merasa lelah dan bisa memperpanjang durasi latihan mereka. Menurunkan berat badan  bisa dilakukan lebih mudah dibawah pengawasan medis. Berat badan pun bisa jadi stabil tidak naik turun. Selain itu daging putih dari semangka juga tawar sehingga rendah gula dan rendah kalori. Bagian ini kaya akan vitamin C dan vitamin B6 yang di butuhkan tubuh setiap hari. 

Selain beragam manfaat semangka yang sudah disebutkan di atas, buah ini juga diduga dapat mencegah kekambuhan asma serta menjaga tekanan darah. Yang jelas, kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Letakkan semangka didalam suhu ruangan agar kandungan Likopen dan betakarotennya meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan betakaroten dapat meningkat hingga 139% dan Likopen meningkat hingga 40% jika semangka diletakkan didalam suhu ruangan. Selain itu semangka akan lebih cepat busuk jika semangka di simpan didalam lemari es dibandingkan jika diletakkan dibawah suhu ruangan. 

Cantik,manis,dan menyegarkan serta banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Itulah sayang sekali jika anda menghapus buah semangka dari daftar menu harian dan menyia-nyiakan baiknya manfaat semangka dari kesehatan. Mulailah untuk menjadikan semangka sebagai salah satu menu buah yang rutin anda konsumsi setiap harinya.

Baca Juga : 
Menjaga kesehatan Mata
Sumber : Google
Ditinjau oleh : Muhammad Ali

Dibalik kandungan Buah Semangka Menyimpan Sejuta Manfaat Yang Baik