Kelebihan dan keunggulan Motherboard Z390 aorus gaming


Aorus Z390

Salam sahabat Muhammad Ali Life. Dewasa ini, GIGABYTE TECHNOLOGY Co. Ltd, produsen motherboard dan kartu grafis terkemuka, telah secara resmi meluncurkan motherboard Z390 AORUS Gaming, yang dioptimalkan bagi pengguna untuk meroket prosesor Intel® 8 Core ™ i9-9900K yang baru mencapai 5GHz + di semua core pada saat overclocking. Dengan rancangan VRM digital 12 fase dan disipasi panas yang baik, motherboard AORUS Gaming terbaru menawarkan manajemen daya dan temperatur yang luar biasa untuk memaksimalkan kinerja dan potensi overclock dari prosesor baru ini. Motherboard Z390 AORUS Gaming dengan mudah memenuhi kriteria untuk motherboard gaming, keunggulan Z390 AORUS Master menghadirkan fitur-fitur yang paling dinantikan seperti Triple M.2 Thermal Guard untuk slot PCIe Gen3 x4 NVMe M.2, konfigurasi audio yang luar biasa, dan interface I / O yang kaya fitur, yang telah melengkapi  seperangkat kinerja sistem yang luar biasa, manajemen daya, pembuangan panas, dan kualitas audio untuk pengalaman lebih nyata.Semua prosesor 8-Core Intel® Core ™ i9-9900K yang baru dibangun pada teknologi 14nm dan mendukung soket LGA 1151. BIOS pada motherboard seri GIGABYTE Z / H / B 300 telah diperbarui sehingga sangat kompatibel dengan prosesor baru. Untuk memastikan kebutuhan daya untuk overclocking hingga 5GHz + di semua semua, dimungkinkan dengan penggunaan GIGABYTE Z390 AORUS Motherboards yang dilengkapi desain daya digital fase 12, dipadukan dengan kontroler PowIRstage atau modul DrMOS dengan MOSFET untuk manajemen daya yang seimbang.

Z390 AORUS MASTER mengadopsi desain daya all-digital IR dan menggunakan konektor daya pin yang solid bersama dengan material berkualitas tinggi lainnya untuk menghasilkan output daya yang stabil. Panas berlebih akibat proses komputasi berkecepatan tinggi atau overclocking telah dipastikan teratasi dengan baik dengan implementasi desain daya demi mencegah penurunan kinerja prosesor.


Teknologi Fins-Array pada motherboard GIGABYTE Z390 AORUS telah dilengkapi dengan desain sirip tumpuk yang sangat efisien & dikenal dengan luas. Luas permukaan yang tiga kali lipat lebih luas dibandingkan dengan heatsink tradisional, sirip bertumpuk meningkatkan efisiensi dalam meredam panas dan menyediakan pendinginan ideal untuk VRM sembari menambahkan poin ekstra pada estetika motherboard dengan desain heatsink aluminiumnya. Direct Touch heatpipe membantu dalam perpindahan panas dari VRM ke heatsink, menurunkan suhu secara signifikan dan meningkatkan disipasi panas hingga 30%. Bantalan termal pada motherboard AORUS Z390 juga menebal menjadi 1,5 mm untuk meningkatkan kontak antara VRM dan heatsink-nya, memungkinkan transfer panas secara superior. Motherboard GIGABYTE Z390 AORUS hadir dengan lapiisan tembaga PCB 2x lebih banyak, menggandakan kestabilan dan efektifitas jalur pada motherboard untuk menghasilkan overclocking yang lebih baik.

Desain backplate pada Z390 AORUS Master menambah perlindungan bagi struktur PCB dan juga mampu dengan cepat menyebarkan panas berlebih dari komponen ke bagian belakang PCB, sheingga mengurangi panas yang berlebih akibat dari sistem yang terpakai maksimal. Tak hanya stylish, namun juga praktis, panel I / O terintegrasi sangat mudah dipasang dan memberikan perlindungan superior ke fitur panel belakang seperti USB 3.1 Gen2, jaringan port konektivitas, jack audio, dan port ekspansi lainnya. Pemecahan masalah (troubleshooting) juga sangat mudah dilakukan pada saat motherboard mulai menyala, melakukan pengulangan, pengaturan ulang BIOS (Hapus CMOS), dan tombol lain yang memungkinkan konsumen melakukannya dengan berbagai kemudahan.

Motherboard Z390 AORUS dengan Intel® i219v Ethernet terintegrasi dan manajemen lalu lintas jaringan cFosSpeed, akan meningkatkan menajemen koneksi jaringan. Bersama dengan Intel® CNVi 802.11ac , WIFI kecepatan tinggi 160MHz 2×2, gamer dapat menikmati kecepatan koneksi tercepat dengan fleksibilitas penggunaan Ethernet dan WIFI, untuk konektivitas jaringan yang paling stabil dan tercepat.

Kualitas audio pada motherboard merupakan salah satu aspek lainnya yang sangat dicari pengguna sehingga GIGABYTE Z390 AORUS Master hadir dengan audio ALC1220-VB yang dipadukan dengan kapasitor audio studio kelas WIMA FKP2 dan Nichicon Fine Gold untuk menghadirkan kualitas audio studio rekaman profesional pada PC . Para audiophile telah familiar dengan ESS SABREDAC, yang umumnya ditemukan pada peralatan audio profesional, terintegrasi pada motherboard. Melalui desain eksklusif GIGABYTE, pengguna dapat menikmati suara berkualitas tinggi dan profesional saat bermain game atau menikmati berbagai konten multimedia, sebuah pengalaman audio berdefinisi tinggi.

Motherboard GIGABYTE Z390 AORUS Gaming mendukung teknologi RGB Fusion Technology. Teknologi RGB Fusion dapat dinikmati,dengan versi yang lebih baru dan lebih baik dari dukungan teknologi pencahayaan untuk LED digital dan strip. Dengan mempertimbangkan masukkan dari konsumen, GIGABYTE telah menerapkan pola pencahayaan baru yang bersinar dari bagian belakang PCB untuk tampilan yang lebih bersahaja,lembut serta anggun. Aplikasi perangkat lunak RGB Fusion memungkinkan pengguna melakukan berbagai macam kustomisasi, memungkinkan mereka untuk mengontrol berbagai macam pola pencahayaan pada motherboard, periferal, dan produk favorit penggemar RGB seperti AORUS RGB Memory Kit yang menyediakan dua modul memori RGB dan dua modul dummy dengan RGB. Pengguna dapat menikmati efek sinkronisasi pencahayaan yang paling elegan dengan konfigurasi pencahayaan pilihan mereka.

Teknologi 5 Smart Fan GIGABYTE yang eksklusif dengan Fan Stop tidak hanya memberikan dukungan terbaik untuk pengaturan pendinginan berbasis air tetapi juga solusi pendinginan untuk prosesor 8-core Intel® Core ™ i9-9900K yang lebih baik. Teknologi Fan Stop memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi kipas untuk berhenti ketika kondisi temperature rendah di bawah ambang suhu yang ditentukan, sehingga menghemat energi dan mengurangi kebisingan kipas yang tidak diinginkan, begitu pula saat juga menyalakan ulang kipas saat diperlukan, menawarkan keseimbangan untuk tetap hening dan dingin.

Smart Fan 5 mendukung beberapa sensor suhu yang membuat pengguna tetap mendapatkan informasi termal terupdate sehingga tidak perlu ragu tentang aliran air pada pendingin yang tersendat atau disipasi panas yang buruk. Semua Smart Fan 5 baru menggunakan konektor kipas hibrid dengan konektor kipas bertenaga tinggi yang memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi sistem mereka untuk secara otomatis mendeteksi masalah pendinginan terlepas dari apa yang jenis kipas atau pendingin cair yang digunakan, sehingga memberikan pengguna kontrol sistem penuh dan solusi pendinginan yang mudah digunakan. Kontrol kipas cerdas Fan 5 yang ter-upgrade mampu memantau suhu GPU bagi pengguna untuk melakukan monitoring di dalam game, mencegah penurunan FPS yang disebabkan GPU terlalu panas pada saat kondisi utilitasi penuh dalam game.

Fungsi pengisian cepat pada motherboard sebelumnya telah ditingkatkan secara signifikan pada motherboard seri Z390 AORUS Gaming dengan teknologi USB TurboCharger terbaru. Dengan menghubungkan kabel chassis Tipe-A konektor USB panel depan ke USB TurboCharger, pengguna dapat mengisi daya perangkat Android mereka dengan standarisasi QC 3.0 dan perangkat Apple melalui Apple Fast-Charge dengan kecepatan pengisian cepat sebanyak 50% dalam waktu kurang dari 30 menit.Peningkatan UI pada interface BIOS dan desain grafis baru membuat konfigurasi pengaturan BIOS jauh lebih intuitif dan ramah pengguna dibanding sebelumnya. Informasi penting perihal kecepatan clock, data memori, perangkat penyimpanan, status kipas dan perangkat keras penting lainnya ditampilkan dengan jelas bagi pengguna untuk dievaluasi.

Jajaran motherboard GIGABYTE Z390 AORUS Gaming menawarkan beragam fitur melalui penerapan teknologi yang disebutkan sebelumnya. Dengan memanfaatkan komponen GIGABYTE dengan teknologi Ultra-Durable yang terkenal, kapasitor serba solid, dan semua desain daya digital dengan desain kontrol kipas cerdas, motherboard ini hemat energi dan ramah lingkungan sekaligus menawarkan kinerja dan daya tahan yang mengesankan untuk pengalaman terbaik.

Untuk informasi lebih lanjut terkait produk GIGABYTE, silahkana kunjungi laman resmi


Baca juga :