Penyebab Kanker Serviks Paling Utama Dan Cara Mencegahnya

Salam sahabat Muhammad Ali Life. Dewasa ini, kanker serviks atau biasa yang disebut sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling di takuti kaum wanita. Berdasarkan dari berbagai data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks hingga saat ini mencapai sepertiganya.

Penyebab Kanker Serviks Paling Utama Dan Cara Mencegahnya

 Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks dan merupakan jenis kanker menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita di dunia.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi pada kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.
Penyebab Kanker Serviks Paling Utama Dan Cara Mencegahnya

Berikut gejala awal kanker serviks yang perlu di perhatikan :

  • Perubahan cairan vagina, Timbul keputihan bersama pendarahan adalah perubahan cairan vagina yang tidak biasa. Selain itu, keputihan yang berwarna pucat, coklat, encer, atau berbau busuk yang terjadi terus-menerus, merupakan gejala awal kanker serviks yang harus diwaspadai.
  • Pendarahan abnormal. Beberapa pendarahan abnormal, seperti pendarahan diluar Waktu haid, darah haid yang lebih banyak, waktu haid yang lebih lama, pendarahan setelah menopause, atau pendarahan yang terjadi setelah berhubungan seksual bisa jadi merupakan gejala awal kanker serviks. 
  • Nyeri dibagian perut bawah atau leher rahim. Timbul rasa nyeri pada sekitaran perut bagian bawah atau pada area panggul, serta diikuti nyeri saat berhubungan intim, juga dapat dicurigai sebagai gejala awal terjadinya kanker serviks. Meski ada kemungkinan penyebab lain, penting untuk segera memriksa kondisi ini.
  • Positif terinfeksi Human Papilloma Virus. Umumnya kanker serviks  disebabkan oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus yang dapat di tularkan melalui hubungan seksual. Sebagian HPV dapat memicu terjadinya kutil kelamin, sebagian lagi dapat menyebabkan kanker serviks.
Penyebab Kanker Serviks Paling Utama Dan Cara Mencegahnya

Jika kanker serviks sudah berkembang ke stadium lanjut, gejala-gejalanya pun akan semakin parah, diantaranya :
  • Nyeri didalam rongga panggul atau punggung dan tulang.
  • Kesulitan ketika buang air kecil dan adanya muncul darah pada urine.
  • Pembengkakkan pada salah satu atau kedua kaki.
  • Perubahan kebiasaan buang air besar. 
  • Kehilangan nafsu makan dan berat badan menurun.
Gejala-gejalanya ini baru muncul ketika kanker sudah memasuki stadium lanjut. Maka dari itu, pada penderita kanker serviks sering kali terlambat mendapatkan perawatan intensif dari tenaga profesional seperti dokter yang ahli di bidangnya. 

Padahal, kanker serviks termasuk kanker yang paling bisa dicegah dan disembuhkan dibandingkan jenis kanker lainnya asalkan di ketahui sejak stadium awal.

Deteksi dini sudah terbukti ampuh untuk menindaklanjuti kanker sebelum berubah menjadi kanker invasif  yang semakin sulit untuk di sembuhkan.

  Pendeteksian kanker bisa dilakukan dengan melalui pemeriksaan pap smear,melak mela tes inspeksi  visual dengan asam asetat ( IVA ), atau HPV - DNA. Tes deteksi dini ini dapat dengan mudah dilakukan masyarakat, misalnya diklinik laboratorium.

Berikut saran untuk mencegah kanker serviks :

  • Hindari membersihkan bagian kewanitaan anda terlalu sering karena dapat membunuh bakteri baik yang ada didalamnya dan PH menjadi tidak stabil.
  • Melakukan vaksin HPV untuk mencegah virus tersebut masuk kedalam tubuh anda.
  • Jangan berganti-ganti pasangan karena sudah dijelaskan akibatnya.
  • Jika anda belum menikah, hindari hubungan intim secara bebas karena jika anda melakukannya maka resiko terkena kanker serviks akan semakin tinggi.
  • Mulailah pola hidup sehat yang baik dan benar karena dengan pola hidup sehat resiko  mengalami berbagai penyakit menjadi kecil.
  • Hindari kebiasaan merokok karena merokok dapat meningkatkan resiko mengalami kanker serviks.
  • Dan yang terakhir cukupkan kandungan gizi yang di perlukan oleh tubuh anda setiap hari seperti mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
Perhatikan dengan menganalisa  perubahan yang terjadi pada organ reproduksi anda. Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan. Jika anda mengalami gejala yang tidak umum. Segeralah konsultasi ke dokter untuk memastikan apakah ini gejala awal kanker serviks atau penyakit lain.

Ditinjau  Oleh : Muhammad Ali
Sumber : Google and Books

Baca Juga :
Bahaya-penggunaan-softlens
Menjaga-kesehatan-reproduksi
Bahaya-penggunaan-gadget
Ciri-ciri-kanker-pada-tubuh
Mengatasi-rasa-ketakutan yang berlebihan

Penyebab Kanker Serviks Paling Utama Dan Cara Mencegahnya